Kepemimpinan merupakan seni untuk mempengaruhi orang lain agar bergerak dan bekerja mencapai tujuan bersama. Menurut Kamus Ensiklopedi Wikipedia bahasa Indoensia, Kepemimpinan meliputi proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya. Seperti yang dikatakan oleh John C Maxwell “Kepemimpinan Adalah Pengaruh, Tidak Lebih Dan Tidak Kurang”. Oleh karena itu, untuk dapat mempengaruhi seorang pemimpin harus memiliki beberapa kemampuan seperti kemampuan untuk berkomunikasi, kemampun menjalin hubungan dengan sesama manusia, kemampuan memotivasi orang lain untuk bekerja, kemampuan untuk memanajemen organisasi, kemampuan untuk berbicara di depan publik dan yang lebih penting dari semua itu dia dapat menjadi teladan bagi orang yang dipimpinnya (integritas).

Pengaruh yang dimaksud adalah daya yang dimiliki atau timbul dari seseorang yang dapat mengubah keadaan atau pandangan, cara berpikir, prinsip, kepercayaan, watak atau perbuatan orang lain (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Pengaruh ada yang positif ada yang negatif. Tetapi yang kita akan bicarakan di sini tentunya adalah pengaruh yang baik dan positif. Pengaruh positif yang diberikan oleh seorang pemimpin dapat memberikan dampak yang besar bagi anggotanya dan kinerja kelompok tersebut.  Salah satu cara menunjukkan pengaruh adalah melalui perhatian dan perlindungan atau pemeliharaan.

Seorang pemimpin harus dapat memperlihatkan pemeliharaannya terhadap anggotanya, yaitu berupa perhatian dan perlindungan.  Dengan pemeliharaan tersebut maka anggota-anggotanya akan bebas bekerja dengan baik dan hasil yang maksimal dapat diraih bersama-sama. Kepemimpinan yang memberikan pemeliharaan bagaikana orang tua yang memperhatikan dan melindungi anak-anaknya. Seorang bapak yang memberikan pemeliharaan (perhatian dan perlindungan) terhadap anak-anaknya maka anak-anaknya tersebut akan merasa aman sehingga bebas untuk berkreasi dan terkendali. Bayangkan seorang anak yang tidak mendapatkan hal yang sama? Mungkin akan berkreasi juga namun tidak terkendali. Anak-anak yang berhasil adalah anak-anak yang pada masa pertumbuhannya mendapatkan perhatian dan perlindungan yang baik dari orang tuanya.

Perlindungan dan perhatian atau pemeliharaan ini dapat kita lihat dari seorang tokoh dalam Alkitab, yaitu Nehemia. Nehemia dapat dikatan seorang pemimpin visioner hebat dengan manajemen yang handal dalam melaksanakan tugasnya. Nehemia adalah seorang pemimpin yang memiliki keahlian yang sangat unik dan hebat. Keunikan dan kehebatan kepemimpinannya dapat kita lihat dari caranya mempengaruhi orang-orang Israel pada saat itu. Nehemia berhasil membangun tembok Yerusalem dengan mengikut sertakan seluruh orang-orang Israel. Mungkin Nehemia akan mendapatkan kesulitan yang sangat besar sekali jikalau pada saat itu ia bekerja sendiri. Meskipun ia sudah berhasil mempengaruhi raja sehingga mendapatkan izin dan bantuan dari raja namun jikalau ia tidak berhasil mempengaruhi rakyat maka usaha membangun tembok mungkin sulit untuk terjadi.

Apa yang dilakukan oleh Nehemia? Ada banyak hal hebat dalam manajemen ataupun kepemimpinan yang telah dilaku oleh Nehemia. Salah satu kehebatan manajemennya adalah ketika ia menunjukkan perhatian dan perlindungan atau pemeliharaannya bagi anggota-anggotanya.  Di dalam Nehemia 5:1-13 dikisahkan bagaimana pemeliharaan Nehemia atas rakyatnya. Nehemia dengan tegas dan keras menentang orang-orang Yahudi yang bertindak tidak benar terhadap orang-orang Yahudi lainnya. Nehemia mengatakan “tidaklah patut apa yang kamu lakukan itu!…”. Sebuah kalimat yang dilontarkan Nehemia terhadap orang-orang Yahudi yang melakukan tindakan tidak adil terhadap orang Yahudi lainnya, seperti perbudakan, perampasan, dll. Tindakan ini adalah tindakan yang tidak tepat bukan hanya berdasarkan hukum, namun semakin tidak tepat ketika masyarakat saat itu bersama-sama sedang membangun tembok kota. Masyarakat yang berletih lesu dan berbeban berat, bekerja siang dan malam membangun tembok tidaklah patut diperlakukan tidak adil oleh orang-orang Yahudi lainnya. Karena itu Nehemia memperhatikan keluh kesah mereka dan menunjukkan pembelaan terhadap mereka.  Bahkan dibeberapa cerita lainnya dikisahkan tindakan-tindakan Nehemia yang tidak mencari keuntungan sendiri.

Perhatian dan perlindungan Nehemia akan rakyatnya merupakah sebuah bentuk pemeliharaan yang secara otomatis mempengaruhi masyarakat pada saat itu untuk tetap setia bekerja bersama-sama dengan Nehemia dalam membangun tembok kota. Mereka tetap setia bekerja dan berjaga, sampai-sampai mereka tidak sempat menanggalkan pakaian mereka (Nehemia 4:23). Sungguh sebuah kesetiaan terhadap seorang pemimpin yang memang layak untuk diikuti.

Kisah Nehemia ini dapat kita laksanakan dalam kehidupan kita sehari-hari, baik kita sebagai seorang pemimpin, orang tua, guru, pendeta, dosen, karyawan, atau bahkan sebagai orang biasa sekalipun, ketika kita memberikan perhatian dan perlindungan atau pemeliharaan terhadap sesama maka kita akan memberikan sebuah pengaruh yang baik dan benar bagi mereka.

Bukankah Tuhan Yesus juga menghendaki hal yang demikian? Yaitu agar kita, orang-orang percaya, menjadi orang-orang yang memiliki dan memberi pengaruh yang baik dan positif kepada orang-orang di sekeliling kita. Itulah yang dimaksudkan ketika Tuhan Yesus mengatakan tentang menjadi “terang dan garam dunia” Garam dapat menjadikan air yang tawar menjadi asin dan terang mengubahkan tempat yang gelap gulita.  Tuhan telah menempatkan kita di lingkungan kita sekarang ini, baik dalam bisnis maupun profesi yang kita sedang jalani adalah dengan satu maksud supaya kita memberi pengaruh yang positif dan signifikan.

 

“supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga” (Matius 5 : 16).

 

Seseorang siap dipakai untuk kapasitas yang besar tidak semata-mata karena adanya kesempatan besar yang diberikan kepadanya, tetapi lebih kepada apakah ia memiliki serangkaian sikap positif yang mendukungnya menjadi pemimpin dengan pengaruh yang besar.

 

Bacaan :

http://www.perkembangananak.com/

http://www.kbnindonesia.com/index.php?option=com_content&view=section&layout=blog&id=5&Itemid=58

http://teknikkepemimpinan.blogspot.com/