Pernahkah kita menghadapi masalah yang sangat berat sekali? Pernahkah kita putus asa dalam menghadapi tantangan kehidupan ini? Pernahkah kita menyerah dalam menghadapi berbagai halangan di dalam kehidupan ini?

Setiap orang pasti pernah merasakan perasaan seperti yang tertulis di atas. Namun, bagaimana kita bisa mengatasinya? Orang Kristen selalu memiliki sebuah cara yaitu DOA kepada Tuhan. Tetapi, kita sebagai umat yang beriman, selain berdoa, kita juga perlu berusaha. Ora et Labora. (Bekerja dan Berdoa).

Ketika kita tidak bisa mengatasi masalah kita, maka satu solusi yang sering ditawarkan kepada khalayak adalah bertanya kepada orang lain, berkonsultasi kepada orang lain, mencari jawaban dari para ahli, dll. Tuhan menciptakan manusia sebagai mahluk yang tidak dapat tinggal sendiri. Tuhan menciptakan Hawa sebagai penolong Adam. Dan, ketika manusia sudah memenuhi bumi, maka manusia pun harus bekerja sama untuk mewujudkan rencana Tuhan dalam dunia ini. Karena itulah, manusia juga disebut sebagai mahluk sosial, mahluk yang dapat beradaptasi dengan sesama untuk mencapai sebuah tujuan yang mulia, yaitu kemuliaan Tuhan. (lihat : tim kerja yang optimal, saling bergantung)

Film Bioskop dapat diputar di bioskop karena kerjasama kameramen, penulis naskah, tata cahaya, bagian transportasi,  pengarah musik, pengarah gaya, pengarah pakaian, dll.

Banyak orang yang diperlukan untuk bisa menghasilkan sebuah film yang sesuai naskah

– Sebuah besi akan dapat menjadi mobil karena kerjasama seorang desainer mobil, ahli besi yang mampu memberikan proses produksi besi menjadi rangka mobil, seorang ahli mekanik yang merancang mesin mobil, seorang ahli otomotif yang merangkai mesin mobil, dll.

Pabrik mobil Toyota di USA

– Sebuah kayu akan menjadi perabotan yang indah karena kerjasama seorang desainer furniture, seorang penggergaji kayu, pengolah kayu, pengecat kayu, seseorang yang mampu merangkai kayu menjadi meja dan kursi, seorang yang mengecek kekuatan kursi dan meja untuk digunakan oleh banyak orang, dll.

Banyak orang diperlukan untuk memproduksi sebuah furniture yang bagus

BETUL !!

KERJASAMA adalah sebuah taktik untuk bisa mencapai tujuan hidup kita. Dalam kehidupan yang sangat kompleks, adalah hal yang tidak mungkin untuk mengerjakan segala sesuatunya secara individu. Kita perlu bantuan tangan orang lain. Kita perlu nasehat orang lain. Kita perlu informasi dari orang lain untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan.

– Seorang anak kecil membutuhkan bantuan orang tuanya untuk menjadi anak yang lebih mandiri

– Seorang murid membutuhkan bantuan dari gurunya untuk menjadi murid yang baik dan berprestasi

– Seorang pegawai membutuhkan arahan dari atasannya untuk memberi karya bagi perusahaan

– Seorang hamba membutuhkan petunjuk dari tuannya untuk melakukan pekerjaan

TEAM WORK ala NEHEMIA

Pembangunan kembali tembok Yerusalem yang dilakukan oleh Nehemia tidak dikerjakan sendirian olehnya (bayangkan, kapan selesainya jika Nehemia bekerja sendiri? J). Nehemia memanggil banyak orang lain untuk membantu dia dan Nehemia mendapatkan respon positif dari mereka (Neh 2:18 “… Kami siap membangun…”). Nehemia menyadari bahwa pekerjaannya terlalu besar untuk dilakukan seorang diri maka dia memilih orang-orang yang mau dan mampu bekerja sama dengannya. Sebuah kepemimpinan menyadari arti pentingnya kerjasama dalam menjalankan strategi untuk mencapai sebuah visi. Pemimpin tidak hanya sekedar mempunyai pengikut, namun juga mempunyai orang-orang yang memperlakukan sebuah visi dengan passion dan semangat yang sama dengan sang pemimpin.

Pada Nehemia 3 disebutkan banyak sekali nama-nama orang yang bekerja bersama-sama, bahu-membahu membangun kembali tembok Yerusalem. Mungkin kita tidak bisa mengingat semua nama yang ada, bahkan besok mungkin kita sudah lupa semua nama yang kita baca pada hari ini. Akan tetapi satu hal yang pasti, mereka bekerja sama untuk mewujudkan satu visi dan kontribusi mereka mempunyai pengaruh yang besar bagi masa depan kehidupan orang Yahudi dan orang-orang percaya.

Bagaimana dengan kita pada saat ini? Saat kita sudah mempunyai visi, kita sudah membuat strategi, maka sekarang bagaimana taktik kita untuk melaksanakan strategi demi mewujudkan visi tersebut? Kita tidak akan mampu jika kita hanya berbuat sendiri. Kita membutuhkan sebuah tim yang bisa diajak bekerja sama. Kerjasama dengan orang yang tepat akan memperkuat strategi dalam mencapai visi. Maka mari kita berusaha mencari orang yang tepat, membagikan visi kita, dan bersama-sama mewujudkan visi tersebut melalu sebuah kerjasama yang solid.

TEAM = Together Everyone Achieves More