Ketika kita memiliki impian besar, maka kita perlu membagi tanggung jawab dengan tepat agar impian tersebut dapat tercapai. Itulah kenapa, sebuah perusahaan memiliki struktur organisasi.

Contoh sederhana sebuah Struktur Organisasi

Pemberi tanggung jawab

Pada sebuah struktur organisasi, pemberi tanggung jawab adalah seseorang yang berada di level atas dari sebuah departemen. Seorang pemilik berhak memberikan tugas dan pekerjaan kepada bagian keuangan, pemasaran, produksi, distribusi. Dan, setiap bagian harus memberikan pertanggungjawaban kepada pemilik.

Penerima tanggung jawab

Seseorang atau sekelompok orang penerima tanggung jawab akan diberi pekerjaan sesuai dengan bagian yang dimasukinya. Setiap bagian (Keuangan, Pemasaran, Produksi, Distribusi) harus mengerjakan sesuai porsi tanggung jawab yang diberikan.

Mari kita lihat contoh struktur organisasi di sebuah Usaha Kecil dan Menengah (UKM) bidang sepatu di daerah Surabaya.

Keuangan : departemen yang mengurusi arus masuk dan keluarnya uang dalam perusahaan.

Pemasaran : departemen yang bertanggung jawab untuk memasarkan produk, menerima pesanan dan menyampaikan pesanan kepada bagian produksi.

Produk : departemen yang bertanggung jawab untuk membuat produk sepatu serta menghitung kebutuhan bahan yang diperlukan untuk memenuhi permintaan konsumen.

Distribusi : departemen yang bertanggung jawab untuk menyiapkan bahan baku produk sepatu agar bagian produksi bisa lancar menghasilkan sepatu.

Sebuah perusahaan besar dapat berjalan dengan baik apabila setiap orang dalam struktur organisasi bekerja dengan penuh tanggung jawab. Apabila ada seseorang atau beberapa orang yang tidak mengerjakan pekerjaan sesuai porsinya, maka perusahaan akan menjadi timpang.

Pembangungan Tembok

Ketika kita memiliki mimpi yang besar, maka tantangannya pun semakin besar. Pada saat itu pula, kita perlu memberikan tanggung jawab kepada orang lain yang sesuai dengan posisinya agar kita dapat mencapai mimpi yang besar itu. Oleh karena itu, dunia mengenal istilah “the right man on the right place at the right time”. Nehemia memberikan tugas kepada setiap rakyat yang tidak memiliki pengalaman dalam membangun tembok untuk bertugas dan bertanggung jawab pada pintu gerbang yang perlu diperbaiki (Neh 3). Bahkan, Nehemia, dengan hikmat Tuhan, memberikan tanggung jawab kepada rakyat untuk berjaga-jaga supaya rencana Allah untuk membangun tembok tidak gagal. (Neh 4:13)
Yerusalem pada jaman Nehemia

Dalam banyak hal di kehidupan ini, kita tidak bisa sendiri dan sendirian (Pengkhotbah 4:9). Membagi beban dan bekerja bersama-sama akan memberi ruang bagi kita untuk fokus pekerjaan yang menjadi bagian kita. Salah satu hal penting ketika kita memiliki sebuah perusahaan adalah menugaskan tanggung jawab. Dan, membuat struktur organisasi adalah sebuah cara untuk menugaskan tanggung jawab dengan efektif.

Selamat berusaha !