Dalam mengatur/me-manage waktu, adalah penting untuk membuat skala prioritas. Dengan adanya prioritas berarti kita akan melakukan hal yang terpenting dalam hidup kita sebagai langkah pertama. Oleh karena itu, baiklah kita mengingat-ingat kata PRIORITAS beserta kepanjangan tiap-tiap huruf yang merangkainya, untuk memudahkan kita mengatur waktu kita dengan bijaksana Allah sebagai Sang pemilik WAKTU.

ercakapan yang intim dengan Allah

R enungkan apa yang menjadi prioritas anda hari ini. Temukan apa yg harus anda lakukan pertama kali di hari ini. Alkitab menjadi kunci!

I nventaris hal-hal yang anda lakukan. Bertanyalah pada diri pribadi, apakah yang sudah dan sedang anda lakukan termasuk keinginan Allah atau keinginan pribadi kita semata.

rdo/orde/order. Belajar mengurutkan daftar kesibukan kita dari terpenting hingga kurang penting hari ini berdasar prinsip Firman Tuhan, meski Alkitab tidak mengatakan secara khusus daftar acara harian yang harus kita lakukan.

R encanakan kegiatan anda. Kurangi segala kebiasaan untuk membuat segala tugas menjadi mendesak/urgent akibat kurangnya perencanaan.

I nput. Minta masukan dari orang-orang sekitar anda yang mengenal/mengasihi anda, dan termasuk orang-orang yang mengenal dan mengasihi Allah untuk menolong anda membuat perencanaan pengelolaan waktu.

T otal menikmati waktu-waktu anda. Waktu anda bekerja, bekerja total, waktu bermain bermain dengan puas, waktu pesta nikmati pesta dan kebersamaan, waktunya tidur, tidurlah dengan nyenyak.

A ncaman dari ‘perampok waktu’ anda. AWAS! Bisa jadi perampok waktu anda adalah: hobi-hobi anda pribadi, ajakan teman, ataupun kurang bijaksana-nya anda dalam mengatur waktu.

S abat-kan hidup anda (break sejenak di tiap-tiap hari, di tiap-tiap minggu, di beberapa bagian tiap tahun-nya), tetap sensitif pada kehendak-Nya, dan serahkan hidup anda sepenuhnya kepada Allah Sang Surya hidup kita.

Mazmur 90:12, “Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana”.

Referensi:
http://media.vivanews.com/images/2011/07/19/116759_to-do-list.jpg
http://tabloidnews.politeknik-lp3i-bandung.ac.id/wp-content/uploads/2011/07/Waktu-Prioritas1.jpg
* http://www.reviveourhearts.com/radio/roh/today.php?pid=255