Winston Churchill atau yang bernama lengkap Sir Winston Leonard Spencer Churchill (30 November 1874 – 24 Januari 1965) adalah tokoh politik dan pengarang dari Inggris yang paling dikenal sebagai Perdana Menteri Britania Raya sewaktu Perang Dunia II.

Sewaktu Perang Dunia II berkecamuk, dia berkata, “Seseorang yang gagal dalam perencanaan, dia telah merencanakan untuk gagal” (He who fails to plan is planning to fail). Hal ini dengan jelas merujuk pada kebijakan-kebijakan yang ia buat bersama sekutu-sekutunya dalam rangka memenangkan perang pada waktu itu.

Meski banyak perdebatan hingga kini tentang iman seorang Churchill (mungkin saja dia seorang Kristen Anglikan-agama resmi orang-orang Inggris), namun apa yang dikatakannya dan telah dikutip oleh banyak lembaga maupun buku-buku pendidikan manajemen, terlihat selaras dengan yang dikatakan oleh Alkitab dalam Amsal 24:6:

“Karena hanya dengan perencanaan engkau dapat berperang, dan kemenangan tergantung pada penasihat yang banyak.”

Alkitab tidak mengajarkan untuk kita memiliki iman maupun kepasrahan yang buta. Dalam pencapaian sebuah visi Allah yang telah ditanamkan pada diri kita, ada beberapa langkah strategis yang perlu kita lakukan sebagai respons akan panggilan Allah tersebut. Kita perlu mempersiapkan langkah-langkah tersebut dengan matang, sehingga rencana-rencana tersebut akan dapat dikatakan sebagai “layak” untuk dilaksanakan.

Bandingkan juga dengan nasihat bijak Amsal 21:5:

“Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan”.

Tuhan Yesus sendiri menasihatkan untuk kita hidup dalam perencanaan dan fokus akan tujuan hidup kita (Lukas 14:28-32):

“Sebab siapakah di antara kamu yang kalau mau mendirikan sebuah menara tidak duduk dahulu membuat anggaran biayanya, kalau-kalau cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu? Supaya jikalau ia sudah meletakkan dasarnya dan tidak dapat menyelesaikannya, jangan-jangan semua orang yang melihatnya, mengejek dia, sambil berkata: Orang itu mulai mendirikan, tetapi ia tidak sanggup menyelesaikannya. Atau, raja manakah yang kalau mau pergi berperang melawan raja lain tidak duduk dahulu untuk mempertimbangkan, apakah dengan sepuluh ribu orang ia sanggup menghadapi lawan yang mendatanginya dengan dua puluh ribu orang? Jikalau tidak, ia akan mengirim utusan selama musuh itu masih jauh untuk menanyakan syarat-syarat perdamaian”.

Dalam dunia modern, kita dapat belajar dari salah satu perusahaan Korea, Samsung Elektronik. Berawal dari bisnis ekspor kecil di Daegu, Samsung telah bertumbuh menjadi salah satu raksasa elektronika terkemuka di dunia. Samsung telah mem-fokus-kan perusahaannya dalam bidang media, peralatan digital, semikonduktor, memori, dan integrasi sistem.

Produk-produk Samsung dapat bersaing di dunia, karena Samsung mengerti pentingnya sebuah penyelidikan dan fokus akan bisnisnya. Bayangkan saja, Samsung mempekerjakan lebih dari seperempat karyawannya untuk bekerja di bidang penelitian dan pengembangan (Research & Development), dan itu berjumlah sekitar 50.000 orang, di sepuluh negara termasuk Korea sendiri!

Samsung yang akhir-akhir ini terkenal dengan Galaxy Tab-nya, memiliki bidang penelitian dan pengembangan-nya di negara-negara antara lain: Korea, Amerika Serikat, Inggris, Rusia, Israel, India, Jepang, dan Cina. Sehingga tidaklah mengherankan, dengan luasnya tempat-tempat penelitian mereka, produk-produk baru Samsung lahir dengan mengerti kebutuhan pasar dengan tepat.

Sejak tahun 2000, bidang penelitian dan pengembangan Samsung memiliki fokus:
* Visi and restrukturisasi
* Kesempurnaan produk
* Kesempurnaan proses
* Keunggulan sumber daya manusia
* Transformasi organisasi
* Menghadapi tantangan globalisasi

Bagaimana dengan rencana-rencana Anda? Sudahkah Anda menyelidiki dengan seksama dan fokus pada visi Allah bagi Anda?

Kesimpulan:
Miliki perencanaan dan fokus dalam hidup Anda sambil berserah penuh kepada Sang Empunya VISI

Referensi:
http://3.bp.blogspot.com/_XKLG4D2L6qA/TLv5x9bdFSI/AAAAAAAAClE/BlpKXM7S1oY/s1600/GALAXY+Tab+(P1000)+Product+image+(1).jpg
http://4.bp.blogspot.com/-MtSEJf_BNaQ/TcQ2vVFzUEI/AAAAAAAACNo/ ESSztA4T0hE/s1600/Winston+Churchill.jpg
http://viterbicareertoolbox.usc.edu/wp-content/uploads/2011/08/Samsung-Logo1.png
http://www.bibleinfo.com/id/topics/rencana
http://www.samsung.com/id/aboutsamsung/corporateprofile/history.html
http://www.thefreelibrary.com/How+Samsung+transformed+its+corporate+R%26D+ center%3A+a+strategic…-a0148563889