Ted Williams, awalnya adalah seorang penyiar radio. Suaranya memang empuk dan sangat merdu. Namun hidup Ted Williams hancur berantakan ketika ia menjadi pecandu alcohol dan narkoba. Rumah tangga dan karirnya hancur, dan akhirnya ia hidup sebagai gelandangan. Ted yang hampir menyerah pada nasib, akhirnya bangkit. Ted berjuang melawan nasibnya dengan susah payah hidup bersih selama 2 tahun menjauhi alkohol dan narkoba. Namun ia tetap menjadi gelandangan selama 2 tahun.

Ted Williams

Suatu hari, Ted Williams, sedang mengemis dipinggir sebuah jalan. Seorang jurnalis dari The Columbus Dispatch, lewat dan memintanya untuk mengatakan sesuatu dan merekamnya dalam video. Ternyata suara Ted Williams berkilau seperti emas. Maka video tersebut di-upload ke YouTube. Dalam 48 jam saja, 13 juta orang melihat video Ted Williams.

Esoknya Ted Williams mendapat tawaran kerja dari group olahraga Cleveland Cavaliers. 2 hari berikutnya Ted Williams muncul hampir di seluruh surat kabar Amerika.

Dan di akhir pekan jaringan televisi MSNBC mengumumkan Ted Williams akan melakukan Voice Overs di acara mereka “Lean Forward”. Dalam satu minggu hidup Ted Williams berubah sama sekali. Disebut-sebut ia mendapatkan gaji US$ 10.000 atau sekitar Rp 90 juta.

Bagaimana agar orang lain dapat menemukan diri kita?

1. Menunjukkan sisi positif dari diri kita dengan jujur.
Ted Williams memasang poster dirinya (setelah diberi nasehat oleh wartawan dari Columbus Dispatch) dan diwawancara serta diupload ke youtube. Tidak lama setelah video tersebut diupload, 2 juta orang langsung menyaksikannya dan beliau mendapat panggilan wawancara serta pekerjaan.

TED beserta dengan poster dirinya

Yesus menemukan Simon dan Andreas yang sedang menjala ikan. Sikap Simon ketika ditemukan oleh Yesus adalah berserah dan taat serta menunjukkan reaksi yang positif dari dirinya (Luk 5:5). Akhirnya, Yesus “merekrut” orang-orang yang bereaksi positif menjadi murid-muridNya. (Sebagai perbandingan, Luk 5:10, Mat 4:19, Yoh 1:40). Kemudian, Yesus membimbing mereka menjadi rasul yang menjangkau banyak jiwa kepada Kristus. Begitu juga dalam hidup kita. Bisa jadi orang lain yang melihat sisi positif kita dan menemukan kita karena Tuhan yang telah memilih kita untuk melakukan pekerjaan yang diperuntukkan bagiNya.

Yesus memanggil para penjala ikan

2. Menjaga hidup dengan Firman Tuhan.
Meski kehidupan Ted William mendadak berubah, dari pengangguran menjadi seorang yang berkecukupan, namun cerita masa lalunya yang buruk tetap melekat padanya. Tak pelik, hidupnya naik turun setelah Januari 2011. Dia harus menjalani terapi narkoba pada bulan dia ditemukan dan harus menjalani beberapa perawatan medis lainnya untuk menjadi seseorang yang lebih baik.

Perubahan hidup TED

Ketika kita ditemukan oleh orang lain, maka masa lalu kita akan menjadi salah satu penilaian. Masa lalu kita yang penuh dengan dosa akan mengurangi penilaian orang lain terhadap diri kita. Ingatlah akan pepatah, setitik nila merusak susu sebelanga. Kesalahan sekecil apapun, akan diingat sepanjang masa.
Masih ingat cerita proses seleksi pemimpin KPK 16 Agustus 2011 yang dinilai bermasalah?

Calon pimpinan KPK - Aryanto Sutadi (kiri) dan Sayid Fadhil (kanan).

Masa lalu calon pimpinan KPK menjadi “senjata makan tuan” bagi dirinya sendiri. Oleh karena itu, waspadalah. Jangan jatuh dalam dosa sekecil apapun. Bukan hanya untuk masa depan Anda, tetapi karena itu perintahNya.

3. Apa yang kita lakukan di masa kini akan menjadi ingatan di masa depan.

Masih ingat kisah Yusuf mengartikan mimpi juru roti dan juru minuman? Ketika apa yang diartikannya benar, Yusuf berpesan kepada juru minuman demikian (Kej 40:14) “Tetapi, ingatlah kepadaku, apabila keadaanmu telah baik nanti, tunjukkanlah terima kasihmu kepadaku dengan menceritakan hal ihwalku kepada Firaun dan tolonglah keluarkan aku dari rumah ini.”

Kisah Yusuf dan juru minuman serta juru roti

Kej 40:23 mengatakan “Tetapi Yusuf tidaklah diingat oleh kepala juru minuman itu, melainkan dilupakannya.”

2 tahun setelah kejadian Yusuf mengartikan mimpi juru minuman dan juru roti, dimana Firaun gelisah dengan mimpinya, maka juru minuman memberi rekomendasi tentang keahlian Yusuf mengartikan mimpi pada masa yang lalu.
Kej 41:12
“Bersama-sama dengan kami ada di sana seorang muda Ibrani, hamba kepala pengawal istana itu; kami menceritakan mimpi kami kepadanya, lalu diartikannya kepada kami mimpi kami masing-masing.”

Apapun yang kita lakukan saat ini akan menjadi sebuah ingatan bagi orang lain di masa depan. Oleh karena itu, apa yang kita lakukan saat ini adalah sebuah investasi untuk masa depan kita.

Bagaimana agar orang lain “menemukan” kita? Tetaplah berkarya secara positif, lakukan FirmanNya dan ingatlah bahwa apa yang kita lakukan saat ini akan menjadi ingatan orang lain dimasa mendatang.

Sumber:

[1]. http://nasional.kompas.com/read/2011/08/16/15560862/Dua.Calon.Pimpinan.KPK.Ini.Dinilai.Bermasalah

[2]. http://internasional.kompas.com/read/2011/01/08/10460439/Suara.Emas.Mengubah.Nasib-8

Gambar diambil dari URL asli.